Powered By Blogger

Senin, 27 Mei 2013

Si manja petualang (Mahameru 3676mdpl)

Senin 6 mei 2013
Gua akan pergi ke puncak tertinggi di jawa yaitu mahameru, gua disini pergi bersama 5 para anak anak manja petualang pertama adalah tio dia adalah temen gua dari sd yang ke dua fadil dia juga temen gua dari sd yang ketiga naufal yang biasanya di panggil openg dia adalah saudaranya si fadil dan nyokapnya dia temen nyokap gua juga dan 2 orang terahir ini adalah senior senior gua yaitu bang ade yang biasanya dipanggil bang tile dia orangnya kocak abis dan dia adalah pecinta burung sejati dan ini yang terahir ahmad bayhaki biasanya di panggil ubhay dia yang akan bawa gua semua pergi ke mahameru dia asik,pinter dan ngerti  cara cara mendaki yang seru ;).
Pagi itu gua dari rumah langsung ke rumah si fadil di sana ubhay,tio,openg dan si fadil udah nungguin dan pas gua sampe sana “cerilnya kurang satu nih”kata ubhay “gampang itu tar gua cariin sama temen gua,terus apa lagi nih yang kuang?”kata gua “udah cuman ceril doang sama kamera ini ga ada”jawab ubhay suasana diem sejenak karna ga ada kamera “yaudah pake kamera hp aja udah mepet waktunya”kata fadil  ahirnya yaudah ga da yang bawa kamera selain kamera h, seteah itu gua dan sama tio ngambil ceril di rumah temen gua(po yana) fadil,ubhay sama openg siap siap selesai packing semua banrang kami ber5 langsung cabut bikin suran kesehatan dan jemput bang tile yang saat itu baru ubhay doang yang kenal sama bang tile, sampe di kampus bsi kita nungguin bang tile ya lumayan abis rokok sebatang terus dia dateng “maap ya bang nunggu lama nih”kata bang tile “woles bang masih lama keretanya”kata fadil lalu kami berangkat di stasiun senen langsung masuk stasiun ternyata baru jam setengah 2 yaudah ahirnya gua sama yang lainnya makan nasi dulu di stasiun soalnya nyokap gua udah bawaain nasi tadi dari rumah setelah makanan abis ga lama kemudian kereta dateng yaudah semuanya langsung naek gua sama tio dapet tembat duduk sebangku di gerbong 1 dan si openg sama fadil dapet sebangku juga tapi di gerbong 2 dan bang tile sama ubhay misah misah dia berdua di gerbong 1 juga lalu keretapun berjalan meninggalkan stasiun senen setelah hampir 2jam gua duduk di kereta rasanya bete abis gua ga ngapa ngapain cuman liatain bapak bapak tidur doang di depan gua yaudah gua ke sambungan gerbong(bordesk) ajalah ngopi ngopi “ayo io asem nih”kata gua “ayo dah” jawaab tio langsung gua jalan. Sampe di bordesk galama si fadil sama openg nyusul dan dilanjutin sama bang tile sama ubhay yaudah akhirnya gua sama yang lain di bordesk sampe malem. Pas udah malem kita keabisan rokkk nih kebetulann kereta berenti di stasiun kecil di daerah semarang gua langsung turun buat beli rkk gua belom sempet di kembaliin duitnya kereta udah jalan aja nih gua lari ngejar kereta untung gua bisa naek di gerbong paling belakang ya akibatnya jalan lah gua dari gerbong belakang sampe gerbong pertama keretanya panjang banget lagi -_-‘.

Selasa 7 may 2013
Sesampainya di malang gua naek angkot ke pasar tunpang nama supir angkotnya pak supri orangnya gendut kumisnya ngelebihin pak raden kalo ngomong se angkot kedengeran semua tapi dia baik sama kita dia ngasih tarif murah haha. Sampe di tumpang tepatnya di rumah pak rus yaitu tukang truk yang sangat baik gua sama yang lainnya istirahat dulu di rumahnya pak rus abis duduk duduk sebentar gua,ubhay sama openg belanja logistik buat di masak di gunung nanti. Oke tepa pukut 12.30 semuanya udah siap buat jalan ke pos ranupane naek truk disini gua bareng sama anak anak muda dari ciledug orangnya asik asiklah pokoknya sampe sampe gua foto foto sama mereka kebetulan di kelompok gua ga ada yang bawa kamera bagus haha, bang tile sampe di kasih minuman jahat tuh (see you) sama orang orang yang gokil itu alhasil bang tile,openg sama ubhay minum tuh aer jahat gu,tio sama fadil cuman liatin aja kaga ada yang dyan soalnya. Sampe di bukit teletabis truk berenti sebentar kita poto dulu dikit ya gapapalah kamera minjem juga yang penting ada fotonya, ga lama kita semua sampe di pos ranu pane gua ber5 langsung ke pos ranu pane sementara anak anak cilrdug itu ke danaunya dulu mau foto foto katanya. Gua sama ubhay langsung daftar di pos pendakian sementara yang lain ngisi aer setelah semuanya clear gua dan ke5 anak manja petualang mulai pendakian ke mahameru, gua sama ubhay bawa daypack sisanya fadil,tio,openg sama bang tile bawa ceril semua. Sampe di pos 1 semuanya masih enak di liatnya masih seger perjalanan di lanjutin ke pos 2 kita jalan santai sabil ketawa tawa sampe di pos 2 tapi pas sampe di pos 3 semuanya diem udah pada cape apalagi tio keliatannya udah cape banget hari juga udah semakin gelap kita semua ngeluarin senter sampe di pos 4 keliatan tuh ranu kumbolo dan ternya bukan main itu rame banget  akhirnya gua ngecamp di bawah pos 4 di pinggir danau ranu kumbolo ya ga jauh dari pos ranu kumbolo jam udah menunjukan pukul 8 semuanya gerak gua ubhay sama openg diriin tenda fadil, tio sama bang tile masak aer buat ngangetin badan karna cuca di rnu kumbolo dingin suhu minimal -5 sampe -20 drajat.
Selesai semua kami lansung ngopi nopi ngopi nikmatin suasana malem di ranu kumbolo selesai ngopi si fadil,tio sama openg tidur sementara bang tile asik banget dia minyakan pake minyak GPU di dalem tenda katanya biar anget terus gua sama ubhay di depan nggobrol ngobrol ga lama ada orang dateng gua kira siapa ternyata kelmpok yang tadi yang orang orang ciledug itu yaudah ahirnya dia ngecamp tetanggan sama tenda kelompok gua. Terus sekitar jam 11an gua udah mulai kedinginan ubhay juga udah ngantuk ahirnya gua ama ubhay masuk tenda tidur bareng yang laen sementra di pos 4 masih banyak tuh pendaki yang baru sampe.

Rabu 8 may 2013
Pagi di ranu kumbolo gua bangun dan semuanya masih tidur kecuali ubhay yang udah di luar tenda pas gua keluar ternyata matahari belom nongol cuca masih dingin yaudah gua cuman duduk di depan tenda pake sb karna rasa mager yang luar biasa. “bikin sarapan”kata ubhay “yaudah ayolah bikin’ lalu gua sama ubhay bikin sarapan nasi liwet, nasi udah jadi tapi yang laen belom pada bangun gua buka tenda gua biarin aja dan galama semuanya bangun karna kedinginan dan dibangunin ubhay dan bangun dah semuanya terus sarapan dan menikmati pagi di ranu kumblo. Jam 9 semuanya siap siap packing barang buat lanjutin ke pos selanjutnya yaitu oro oro rombo yaitu padang yang luas dan di tumbuhi ribuan lavender tapi sebelum itu gua harus ngelewatin yang namanya tanjakan cinta. Di tanjakan cinta tio yang paling belakang katanya dia kecapean dan bang tile berhasil dengan ganasnya menaklukan tanjakan cinta dengan cepat dan semuanya sampe di atas tanjakan cinta dari sini ranu kumbolo keliatan indah danau yang tenang di antara bukit bukit. Setelah puas menikmati ranu kumbolo dar atas sini kami melanjutkan perjalanan kami sampe di oro oro rombo padang yang indah bunga lavender mekar  dengan cantiknya setelah melewati oro oro rombo kami sampe di cemoro kandang di situ banyak orang lagi istirahat kami ga lama istirahat di situ Cuma minum dikit langsung berangkat lagi disini perjalanan mulai sulit menuju pos jambangan disini harus melewati bukit bukit baik turun bukit alhasil selama di perjalanan semua terdiam hanya meliat jalan setapak yang tak tau di mana ujungnya setelah beberapa lama naik turun bukit ahirnya kami sampai di jambangan yaitu padang eidelweis tapi sayang eidelweisnya lagi ga tumbuh tapi gapapa dari situ kita bisa ngeliat puncak mahameru yang ber asap lalu kami melanjutkan perjalanan di sini treknya enak hanya datar ga seperti tadi hanya ada naik dan turun kami berjalan menuju pos kalimati. Sesampainya di kali mati disana sudah ramai sekali tapi tidak seramai di ranu kumbolo tadi di sini kami sampai langsung mendirikan tenda, gua sama bang tile diriin tenda ubhay sama openg ngambil aer dan tio samma fadil mask aer setelah semuanya siap tapi ubhay sama openg belom dateng juga nih solanya katanya sumber aernya lumayan jauh, sumber mani namanaya setelah lumayan lama nunggu ubhay sama openg dateng dan kami semua ngopi ngopi dan masak menu kali ini adalah nasi goreng sepesial, bakwan kentang dan mie sayur slada pokoknya itulah kali ini makanan enak dan kenyang semuanya setelah makan kami semua ngbrol ngobrol sambil ngopi ngopi sampe sore setelah itu mempersiapkan buat muncak nanti malem dan kami pun  tidur mempersiapkan tenaga buat muncak nanti malem  setelah semuanya tidur tinggal gua,openg sama ubhay di depan tenda dan tiba tiba kelompok dari ciledug dateng wah kebetulan tapi dia Cuma ber4 temennya yang 1 nunggu di ranu kumbolo katanya dia ga kuat dan emang dia udah pernah muncak. Yaudah gua bantuin merekaa diriin tenda dan openg sama ubhay masak aer buat mereka setelah selesai semua gua kebagian jaga di luar nih tar gantian sama ubhay yaudah gua cuman ngopi sama ngerokk doang di depan ga lama hari udah mulai gelap tiba tiba gua denger suara orang teriak teriak ya gua parno sendiri karna gua doang yang ada di depan yaudah gua bangunin ubhay dan semuanya pun bangun “siapa yang azan tuh” kata fadil waduh orang teriak terikan di bilang azan nih si fadil bikin aneh aja tapi gua diem aja pura pura ga tau dn gua langsung tidur pas gua tidur jam 10 gua di bagunin kita makan dulu makan nasi goreng sepesial setelah selesai makan semuanya persiapan buat muncak pake sepatu dan lain sebagainya. Setelah semuanya siap inilah saatnya.

MAHAMERU 3676mdpl
Malam mulai datang tepat pukul 10 semua bangun mempersiapkan diri untuk mendaki puncak tertinggi jawa, semuanya mengisi perut untuk mengisi tenaga dan pada pukul 11 malam kami semua berdo’a sebelum mendaki ke mahameru setelah itu perjalanan paling beratpun di mulai pos pertama menuju arcopodo semua berjalan lancar tidak ada kejadian apapun hanya pasir pasir yang berterbangan yang masuk kedalam hidung sampai di arcopodo kami berhenti sebentar untuk minum dan makan cemilan susana di arcopdo begitu mencekam jika senter semua di matikan hanya bulan dan bintang yang terlihat dan suara jangkrik yang saling saut menyaut kami pun melanjutkan perjalan menuju cemoro tunggal di perjalan banyak suara sura yang asing terdengar tapi kami menghiraukan itu kami terus berjalan sampai di cemoro tunggal sampai disana sudah mulai banyak pendaki yang mendaki ke mahameru kami istirahat sejenak di cemoro tunggal ada dua in memoriam pendaki yang meninggal di semeru, kami melanjutkan perjalanan dari cemr tunggal hanya pasir dan bebatuan yang bisa di pijak kami terus berjalan dengan penuh semangat dua langkah kami sama seperti satu langkah dingin begitu menusuk kulit udara oksigen mulai berkurang debu debu pasir berterbagan dan haripun mulai terang kami terus berjalan, kami gagal untuk mendapatkan sunrise di puncak mahameru  kami melihat sunrise di track menuju mahameru kami pun terus berjalan dan waktu menunjukan pukul 7 tapi kami belum sampai di puncak mahameru langkah mulai gontai dingin terus menusuk kulit nafas mulai cepat dengan semangat dan kekuatan yang tersisa kami mendaki menuju satu tujuan yaitu mahameru puncak mulai terlihat dengan semangat yang membara kami berjalan tanpa memikirkan apapun dan hanya satu tujuan dan pada ahirnya kami sampai di puncak tertinggi jawa, mahameru kami sampai disini dengan sen semang kami dengan kegigihan kami, kami telah sampai di sini terimakasih tuhan terimakasih teman teman terimakasih mahameru puncakmu begitu indah lautan awan yang menghiasi sekelilingmu bukit bukit begitu indah terlihat dari atas sini air mata kami tak sanggup kami bendung melihat betapa indahnya alam ini, alam INDONESIA.
Waktu me nunjukan pukul 9 kawah semeru mulai mengeluarkan gasnya kami pun terpaksa menyudahi melihat pemandangan yang sangat indah ini belum puas kami menikmati ini, sampai jumpa mamahameru kami akan kembali lagi.
Di perjalan turun kami semua kehabisan air smpai di arcopodo semua hanya bisa terdiam menahan haus yang begitu dahsyat dengan tenaga yang tersisa kami melangkah menuju pos kali mati untuk kembali ke tenda . sampai di bawah ada 3 orang yang sedang jalan kami di berikan air walupun hanya untuk membasahi tenggorokan kami dan akhirnya kami sampai di tenda. Semuanya bersih bersih dan kemudian tidur karna rasa lelah kami.kami bangun dengan langit yang sudah gelap dan kami pun masak dan makan dan meneguk hangatnya kopi dan susu malampun sudah semakin arut kemudian kami tidur mengisi tenaga untuk turun besok.

Jum’at 10 may 2013
Burung burung mulai bernyanyi gua dengan yang lain bangun untuk mempersiapkan diri untuk turun setelah siap semua pad apukul 10 kami turun menuju ranu kumblo di perjalan menuju cemor kandang banyak sekali para pendaki yang ingin naik mendaki hampr tidak terputus para pendaki yang ingin naik sesampainya di ranu kumbolo banyak sekali tenda tenda yang berdiri.di ranu kumblo kami menghabiskan makan yang tersisa air ranu kumbolo pun sudah berminyak sehingga kami ga bisa ngambil air dari sana kami harus jauh mengambil air dei sudut yang lain setelah semua kenyang semua makanan dan minuman habis kami melanjutkan perjalanan di pejalanan kabut pun turun sehingga cukup sulit untuk melihat track dan kami samapi di pos ranupani jam 7 kami pun lapor ke pos laporan dan turun ke pasar umpang dengan naik truk. Kami menginap di rumah pak rus semalam dan keesokan harinya kami kembali ke jakarta dengan hai yang senag karna telah melihat keindahan lam yang begitu indah yang tidak bisa di ungkapkan lewat kata kata.

(dengan semangat dengan tekat dan tertuju pada suatu tujun semua itu akan tercapai)
Sekian cerita dari gua dan lagi lagi cerita ini di tulis dalam keadaan ngantuk jadi maap kalo banyak yang aneh kalo suka komen kalo ga suka makanya baca yag bener J